Representasi Sosial Komunitas Pesantren Tentang Makna Kedamaian
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amstrong, K. 1993. Muhammad: a biography of the prophet. New York: HarperCollins Publisher.
Akbar, C. (Ed.). 2013. Berjilbab, Kok tidak Bisa Menjaga Muru’ah dan Agamanya (2) [Online]. Available at: https://www.hidayatullah.com/kajian/jendela-keluarga/read/2013/10/05/6686/berjilbab-kok-tidak-bisa-menjaga-muruah-dan-agamanya-2.html [12 Juni 2017].
Al-Mubarakfury, S. S. 2001, Sirah Nabawiyah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Peneltian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ash-Shiddieqy, T. M. H. 1999. Islam dan Hak Asasi Manusia. Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Askar. 2009. Mengembangkan budaya damai di sekolah melalui manajemen kelas yang demokratis berbasis nilai-nilai keislaman. Jurnal Hunafa, 6(2), 139-152.
Bastaman, H. D. 2001. Integrasi Psikologi dengan Islam (edisi III). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Brewer, M. B. & Hewstone, M. 2004. Social Cognition. USA: Blackwell Publishing.
Bruinessen, M. V. 1995. Kitab Kuning, Tradisi-tradisi Islam di Indonesia. Bandung: Mizan.
Bustamin, & Salam, M. 2004. Metodologi Kritik Hadits. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Christie, D. J., Wagner, R. V. & Winter, D. D. 2001. Peace, Conflict, and Violence. Peace Psychology for the 21st Century. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice-Hall.
Darajat, Z. 1993. Psikologi agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Departemen Agama Republik Indonesia. 2005. Al-Qur’an Terjemahan. Jakarta. Syamil Cipta Media.
Dhofier, Z. 1983. Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3S.
Engineer, A. A. 1999. Islam dan Teologi Pembebasan (Terj. Agung Prihantoro). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gandhi, M. 1969. All Men are Brothers. Paris: UNESCO.
Hidayat, A. 2017. Peaceful in pesantren: The involvement of santri’s peaceful environment and personality. Al-Ta’lim Journal, 24(2), 79-92.
Hufad, A. 2003. Perilaku kekerasan: analisis menurut sistem budaya dan implikasi edukatif. Mimbar Pendidikan, 22(2), 52-61.
Isnaeni, A. 2014. Kekerasan atas nama agama. Kalam: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 8(2), 213-228.
Jaspars, J. & Fraser, C. 1984. Attitudes and social representations. In R. Farr & S. Moscovici (Eds.), Social representations (pp. 101-124). Cambridge: Cambridge University Press.
Kunda, Z. 1999. Social Cognition: Making Sense of People. Cambridge: The MIT Press.
Mayton, D. M. 2009. Nonviolence and Peace Psychology. New York: Springer.
Mayton II, D. M. 2014. Peacefulness as Nonviolent Dispositions. In Personal Peacefulness (pp. 45-70). Springer New York.
Meyrizki, S. Y. & Pandjaitan, N. K. 2011. Representasi sosial tentang kota pada komunitas miskin di perkotaan. Sodality, 5(2), 147-158.
Mujidin. 2005. Garis besar psikologi transpersonal: pandangan tentang manusia dan metode penggalian transpersonal serta aplikasinya dalam dunia pendidikan. Humanitas: Indonesian Psychological Journal, 2(1), 54-64.
Musthofa, B. 2013. Hipnotisme dalam dakwah. Jurnal Pemikiran Keislaman, 23(2), 93-104.
Nawawi, I. 1999. Terjemah Riyadhus Shalihin. Jakarta: Pustaka Amani.
Nurmayani. 2013. Kecerdasan qalbiah dalam psikologi Islam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(72), 14-24.
Qomar, M. 2006. Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.
Ryff, C. D. 1989. Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57, 1069–1081.
Ryff, C. D., & Keyes, C. L. 1995. The structure of psychological well-being revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 69, 719-727.
Sammut, G. et al. 2015. The Cambridge Handbook of Social Representations. Cambridge: Cambridge University Press
Santoso, M. A. F. 2014. Filsafat Sosial dalam Filsafat Islam Kontemporer: Wacana Masyarakat Madani dan Kontribusinya pada Filsafat Pendidikan. TSAQAFAH, 10(1), 23-46.
Sarrica, M. & Wachelke, J. 2010. Peace and war as social representations: a structural exploration with italian adolescents. Universitas Psychologica, 9(2), 315-330.
Sims, G. K., Nelson, L. L. & Puopolo, M. R. (Eds.). 2014. Personal peacefulness: Psychological perspectives. New York: Springer.
Smith, E. R. & Queller, S. 2002. Mental Representations. In Tesser, A. & Scharz, N. (Eds.), Blackwell handbook of social psychology: Intraindividual processes (pp. 111-133). Malden, MA: Blackwell.
Soim, M. 2015. Miniatur Masyarakat Madani (Perspektif Pengembangan Masyarakat Islam). RISALAH, 26(1), 23-32.
Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhadak, A. 2009. Tinjauan hukum Islam terhadap konsep syahadah al-istifadah kaitannya dengan pasa 24 undang-undang no. 41 tahun 2004 (Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya).
Suharto, T. 2015. Gagasan Pendidikan Muhammadiyah dan NU sebagai Potret Pendidikan Islam Moderat di Indonesia. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 81-109.
Tasmara, T. 1999. Dimensi doa dan zikir: Melayani samudra qolbu mengisi makna hidup. Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.
Ulinnuha, R. 2017. Islam, Ruang Publik dan Kerukunan Antar Umat Beragama (Studi Tradisi Ngebag Kolaboratif di Karangjati Wetan). Jurnal Sosiologi Agama, 9(2), 29-48.
Webel, C. & Galtung, J. 2007. Handbook of Peace and Conflict Studies. London & New York: Routledge.
Widhiyoga, G. 2017. Understanding the Umma as an Islamic “Global” Society (Doctoral dissertation, Durham University).
Willig, C., & Rogers, W.S. 2008. Qualitative Research in Psychology. Los Angeles: Sage.
Zainuri, M. 2010. Terapi keagamaan sebagai terapi penyerta bagi penyembuhan pasien penyakit dalam di rumah sakit umum (RSUP) dr. Sardjito Yogyakarta. Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tidak diterbitkan.
DOI: https://doi.org/10.18326/infsl3.v12i1.107-126
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INFERENSI by http://inferensi.iainsalatiga.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INFERENSI IAIN SALATIGA p-ISSN: 1978-7332, e-ISSN:2502-1427
Indexed by: