Model Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Implementasi Kurikulum 2013 Pada Lembaga Pendidikan Yang Dikelola Oleh Yayasan Islam Kota Salatiga

Ngamilah Ngamilah

Abstract


Absract

The purpose of this research is to find the character education development model with the main element of planning the development of character development program, the character development program development, and the effectiveness of character education development program in three vocational high schools in Salatiga city. This research is a descriptive qualitafive research using multi case study with focus on case of character education development model that happened at SMK Al-Falah, SMK Diponegora and SMK Muhammadiyah which all three under Islamic Foundation foundation located in Salatiga City. The findings of this research indicate the similarity of the model that revolves around the model of habituation, culture, exemplary, local and extra-curricular content, although there are differences in aspects of habituation emphasis, namely the emphasis on spiriyual habits in SMK Al-Falah and Diopnegoro and emphasis on behavior in SMK Muhammadiyah

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan model pengembangan pendidikan karakter dengan unsure pokok perencanaan penyusunan program pengembangan pendidiikan karakter, pelaksanaan program pengembangan pendidikan karakter, dan efektifitas program pengembangan pendidikan karakter  di tiga Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitafif deskriptif dengan menggunakan studi multi kasus dengan fokus pada kasus model pengembangan pendidikan karakter yang terjadi di SMK Al-Falah, SMK Diponegora dan SMK Muhammadiyah yang ketiganya di bawah naungan Yayasan Islam yang  berlokasi di Kota Salatiga. Temuan penelitian ini menunjukkan  bahwa ketiga SMK yang berada di bawah naungan Yayasan Islam di kota Salatiga memiliki empat  model yang khas dalam pengembangan pendidikan karakter  yaitu  model pembiasaan, pembudayaan, keteladanan, muatan lokal dan ekstra kurikuler. Kekhasan model pengembangan pendidikan karakter di tiga SMK ada pada spiritualitas-religiositas, di mana hal ini sangat bermanfaat dan efektif dalam pembentukan karakter siswa.   

 


 


Keywords


Model, Pengembangan, Pendidikan Karakter.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18326/infsl3.v12i2.481-505

StatisticsArticle Statistic

This article has been read : 41 times | PDF file viewed : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


                                                                     

Creative Commons License

INFERENSI by http://inferensi.iainsalatiga.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INFERENSI IAIN SALATIGA p-ISSN: 1978-7332, e-ISSN:2502-1427

Indexed by: