Model Madrasah Sains Integratif: Menakar Konsep dan Strategi Pembelajaran Berbasis Relasi Sains dan Agama

Anggun Zuhaida, Nur Hasanah, Wulan Izzatul Himmah

Abstract


Abstract

Relations between science and religion are issues that have been developing for a long time, especially in Indonesia. Science as a pillar of human civilization cannot be separated from the attention of religions in the world. In Indonesia, efforts to establish the color of religion in its main education about scientific integration have been a concern in several Islamic universities. The purpose of this study was to find out the concepts and strategies of science and religion relations in learning in madrasas. This research method uses descriptive methods. The researcher measured the relation between science and religion by adapting to the approach developed by Ian G. Barbour which was divided into four: conflict; independence; dialog; and integration. The researcher found that the MTsN Kota Salatiga in the concept component was at the level of integration, but the strategy component was still at the level of dialogue. Whereas in the MTs NU Kota Salatiga it is known that the concept components and strategies are still at the level of dialogue.

Abstrak

Relasi ilmu dan agama adalah isu yang sudah cukup lama berkembang, utamanya di Indonesia. Ilmu sebagai pilar peradaban manusia, tidak dapat lepas dari perhatian agama-agama di dunia. Di Indonesia, upaya tentang adanya warna agama dalam pendidikan utamanya tentang integrasi keilmuan telah menjadi perhatian di beberapa perguruan tinggi islam. Tujuan dalam penelitian ini adalah, ingin mengetahui konsep dan strategi relasi sains dan agama dalam pembelajaran di madrasah. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Peneliti menakar relasi sains dan agama tersebut dengan mengadaptasi dari pendekatan yang dikembangkan oleh Ian G. Barbour yang terbagi atas empat: konflik; independensi; dialog; dan integrasi. Peneliti menemukan bahwa pada MTsN Kota Salatiga dalam komponen konsep sudah pada tataran integrasi, namun pada komponen strategi masih pada tataran dialog. Sedangkan pada MTs NU Kota Salatiga diketahui bahwa pada komponen konsep, dan strategi masih pada tataran dialog.


Keywords


Science; Religion; Learning

Full Text:

PDF

References


Bagir, Zainal Abidin. 2005. Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi. Mizan Pustaka.

Barbour, Ian G. 2002. Juru bicara Tuhan antara sains dan agama. Pustaka Mizan.

———. 2005. Menemukan Tuhan dalam Sains Kontemporer dan Agama. Bandung: Mizan Pustaka.

Bruner, J.S. 1960. The Process of Education. Harvard University Press Cambridge.

Fiteriani, Ida. 2014. Analisis Model Integrasi Ilmu dan Agama dalam Pelaksanaan Pendidikan di Sekolah Dasar Islam Bandar Lampung. Jurnal Terampil. Vol 2, Nomor 2, Januari 2014

Ghony, M.D. dan Almanshur, F. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Guiderdoni, Bruno. 2004. Membaca Alam Membaca Ayat. Bandung: Mizan Pustaka

Hamzah, Faiz. 2015. Studi Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam-Sains pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Adabiyah Jurnal Pendidikan Islam. Volume I Nomor I September 2015

Hasanah, Nur. dan Zuhaida, A. 2018 Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Sains dan Matematika di Madrasah. I. Salatiga: LP2M Press IAIN Salatiga.

Humaidi. 2015. Paradigma Sains Integratif Alfarabi. Jakarta: Sadra International Institute.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, 2014. Mahfudzoh, Siti. 2011. Pengaruh Integrasi Islam dan Sains Terhadap Matematika. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: FMIPA UNY

Maarif, Samsul. 2015. Integrasi Matematika dan Islam dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol. 4, No. 2, September 2015

Marzano, R. J. 1985. Integrated instruction in learning-to-learn skills, thinking skills, traditional content and basic beliefs: A necessary unity (Tech. Rep.). Aurora, CO: Mid-continent Regional Educational Laboratory. (ERIC Document Reproduction Service No. ED 267906)

Muspiroh, Novianti. 2014. Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah. Quality Jurnal Pendidikan Islam STAIN KUDUS. Vol. 2, No. 1, Tahun 2014.

Purwanto, Agus. 2015. Ayat-Ayat Semesta. Bandung: Mizan

Suryana. 2010. Metode Penelitian Metode Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: UPI Bandung




DOI: https://doi.org/10.18326/infsl3.v12i2.435-456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


                                                                     

Creative Commons License

INFERENSI by http://inferensi.iainsalatiga.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INFERENSI IAIN SALATIGA p-ISSN: 1978-7332, e-ISSN:2502-1427

Indexed by: