Model Pendidikan Entrepreneurship di Pondok Pesantren

Fatchurrohman Fatchurrohman, Ruwandi Ruwandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui konsep pendidikan entrepreneurship di pesantren; pelaksanaan pendidikan entrepreneurship; dampak pendidikan entrepreneurshipdi pesantren; problematika yang dihadapi dan solusi untuk mengatasinya.Penelitian ini termasuk jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Analisis data penelitian menggunakan model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pendidikan entrepreneurship diarahkan untuk mempersiapkan santri dalam menghadapi kehidupan setelah lulus. Urusan pekerjaan sebenarnya sudah diatur Allah, namun manusia harus  mempersiapkan diri dengan keterampilan secukupnya; 2) kegiatan entrepreneurship di pesantren dilaksanakan melalui jalur program khusus unggulan, kurikuler, ekstrakurikuler, dan jalur non-kurikuler; 3) kegiatan kewirausahaan di pesantren mampu memberi dampak ekonomi dan life skill kepada para santri; 4) masalah yang muncul dalam kegiatan kewirausahaan di pesantren berasal dari human resources, masalah teknologik, manajemen. Untuk mengatasi masalah tersebut, pihak pesantren selalu melakukan kordinasi dengan pihak terkait dan berusaha memperbaiki manajemen kewirausahaannya


Keywords


pesantren; entrepreneurship; model pendidikan

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta

Eka Febri Anita. 2012. Aplikasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Dunia Pendidikan, diakses dari http://assetanita.blogspot.com/ pada tanggal 29 November 2017 pukul 21.15 WIB

Fadhil Rahman. 2013. Profil PPM Bina Insani, diakses dari http://fadhil-elfast-stylized.blogspot.co.id/2012/03/profil-ppm-bina-insani-susukan.html pada tanggal 1 Desember 2017 pukul 09.20 WIB

Fasli Jalal & Dedi Supriyadi (Ed). (2001). Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah. Adicita:Yogyakarta

Ferawati. 2016. Entrepreneurship santri di Pondok Pesantren entrepreneur al-Mawaddah Honggosoco Jekulo Kudus (Studi living Qur’an), diakses dari http://eprints.stainkudus.ac.id/468/ pada tanggal 1 Desember 2017 pukul 23.15 WIB

Galba, Sindu. 2004. Pesantren Sebagai Wadah Komunikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hasbullah. 1999. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia:Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Inayatul Khusnah. 2011. Pesantren dan entrepreneurship : Upaya Pesantren Riyadhul Jannah Pacet Mojokerto dalam pembentukan jiwa entrepreneurship santrinya, diakses dari http://digilib.uinsby.ac.id/9044/, pada tanggal 1 Desember 2017 pukul 19.30 WIB

Ki Bagus Kusuma. 2015. Mengenal Profil seputar Pondok Pesantren Bina Insani Salatiga, dikutip dari http://artofmanlines.blogspot.co.id /2015/11 / mengenal- profil-seputar-pondok.html pada tanggal 1 Desember 2017 pukul 11.00 WIB

Madjid, Nurcholis. 1997. Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina.

Malik M.,dkk. 2007. Modernisasi pesantren. Jakarta:Balai penelitian dan pengembangan agama

Manfred Ziemek. 1989. Pesantren dalam perubahan sosial. Jakarta:P3M

Merriam, Sharan B. &Tisdell, Elisabeth J. 2016. Qualitative research: A guide to design and implementation. San Francisco: Jossey-Bass.

Miles, Matthew B. & Huberman, A. Michael. 1994 . Qualitative data analysis. London: Sage Publications.

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.

Mochtar Buchori. 2001. Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta:Kanisius

Munif Chatib. 2009. Sekolahnya Manusia. Bandung:Kaifa

Nata, Abuddin. 2001. Perspektif Islam tentang Hubungan Guru Murid. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Novan Ardy Wiyani. 2012. Teacherpreneurship. Yogyakarta:Ar Ruzz Media

Ponpes Poncol. 2015. Sejarah Pondok Pesantren Al Ittihad Poncol, diakses dari http://pondokponcol.blogspot.co.id/2015/02/sejarah-pondok pesantren 22. html pada tanggal 1 Desember 2017 pukul 08.30 WIB

Ririn Handayani.2013. Kewirausahaan berbasis pesantren, diakses dari http://www.ririnhandayani.com/2013/01/menggagas-pesantren-sebagai. html), pada tanggal 12 April 2017 pukul 19.14

Rusli, M. 2010. Sejarah, metodologi, sistem, tujuan pesantren, diakses dari http:// ruslyboyan.blogspot.co.id/2010/08/sejarah-metodologi-sistem-tujuan.html pada tanggal 1 Desember 2017 pukul 11.15 WIB

Sigit Wahyono. 2010. Inovasi Hidden Curriculum Pada Pesantren Berbasis Entrepreneurship (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Isti’anah Plangitan Pati), diakses dari http://eprints.walisongo.ac.id/3263/1/ 3105129_Coverdll.pdf pada tanggal 2 Desember 2017 pukul 23.22 WIB

Syaiful Bahri Djamarah. 1994. Hasil Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta

Thomas W.Zimmerer & Norman M.Scorborough, 2009, Essential of Entrepreneurship and Small Bussines Management (terj.Deny Arnos Kwary). Jakarta:Salemba Empat

Tilaar, HAR. (2004). Paradigma baru pendidikan nasional. Jakarta: Rineka Cipta

Wianardi.2004. Entrepreneur dan entrepreneurship. Jakarta:Pranata Media

Yin, Robert K. 2010. Qualitative research: From start to finish. New York: The Guilford Press.

Yin, Robert K. 2008. Case study research: Design and methods. London: Sage Publications.

Zamakhsyari Dhofier.1983. Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta:LP3S




DOI: https://doi.org/10.18326/infsl3.v12i2.395-416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


                                                                     

Creative Commons License

INFERENSI by http://inferensi.iainsalatiga.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INFERENSI IAIN SALATIGA p-ISSN: 1978-7332, e-ISSN:2502-1427

Indexed by: